BLOG

lampu rumah

Yuk, Pahami Pemilihan Lampu yang Tepat untuk Rumah Anda

Apa pun jenisnya, lampu LED atau klasik. Wajar, bila tidak sedikit orang rela mengeluarkan budget berlebih untuk membeli lampu dan merancang pencahayaan huniannya. Setidaknya, ada tiga fungsi pencahayaan pada ruang. Bukan hanya perihal faktor kenyamanan, melainkan juga membentuk nuansa serta menambah nilai estetika. Adapun seluruhnya dapat terwujud dengan tepat lewat pemilihan lampu.

Untuk mewujudkan rumah nyaman, Anda dapat memilih lampu yang tepat. Ini meliputi pemilihan warna lampu, penerapannya, hingga menentukan titik-titik lighting. Seperti halnya, penggunaan lampu pada foyer, yang tidak cuma berfungsi sebagai penerima tamu, melainkan juga elemen dekoratif. Di sisi lain, penggunaan lampu terang pada ruang kerja tentu dimaksudkan untuk mengakomodasi setiap kegiatan bekerja.

Beberapa tips untuk pemilihan lampu yakni:

  1. Menyesuaikan dengan konsep ruangan. Ruangan berkonsep minimalis tentu sesuai dengan model lampu simpel, dengan warna yang kalem.
  2. Bedakan suasana ruangan yang ingin diciptakan untuk setiap kamar. Anda bisa memisahkan bagian ruang dalam rumah terlebih dulu, dan pilihlah lampu yang sesuai dengan fungsi ruangan tersebut.
  3. Perhatikan letak lampu. Pertimbangkan agar penempatan lampu bukan hanya berfungsi praktis namun juga estetis.

Adapun berikut adalah panduan pemilihan lampu bagi ruang-ruang dalam rumah.

1. Foyer

sudut rumah utama

source : pinterest

Bagian rumah yang berfungsi sebagai area penerima tamu ini harus terlihat menarik, agar membuat tamu memiliki kesan yang baik saat berkunjung ke rumah. Untuk mendapatkan kesan yang baik di mata tamu penataan foyer juga harus cantik. Karena merupakan area yang penting untuk menyambut tamu, disarankan untuk menggunakan penerangan downlight atau uplight karena merupakan lampu yang tepat untuk ruangan Anda, selain membuat foyer terlihat lebih terang penempatan lampu tersebut juga untuk memberikan kesan hangat kepada pengunjung yang datang.

Nah, sebagai pelengkap, Anda dapat menambahkan beberapa furniture khas, seperti sofa atau kursi kayu berukuran mini, sebagai berikut.

Kursi Modern

Kursi Talaud Lounge Armchair

kursi unik

Porter Chair

kursi vintage

Vintage Chair

2. Ruang Tamu

ruang tamu modern

source : pinterest

Tempat yang paling penting dalam sebuah rumah adalah ruang tamu. Karena disini Anda dapat menjamu tamu yang sedang bertandang ke istana Anda. Selain harus memilih furniture, pemilian lampu yang tepat juga dapat menambah nilai plus untuk rumah Anda karena akan membuat tamu Anda semakin nyaman. Untuk itu, Anda dapat mengaplikasikan general lighting sebagai penerangan utama. Nah, untuk menambah nilai seni, jangan lupa variasikan dengan accent lighting pada titik tertentu. Ini bisa berupa lampu spot halogen yang mengarah ke foto/lukisan atau lampu yang diselipkan di sela plafon agar suasana ruang tamu semakin terlihat mewah.

Adapun beberapa model penghias ruang tamu, misalnya cermin, karpet, atau pajangan.

cermin unik

Cermin Elnino Mirror

karpet turki

Turkish Flower

patung hewan

Pajangan Vivere Dumbo Up Silver Big

3. Ruang Keluarga

ruang keluarga minimalis

source : pinterest

Di sinilah setiap aktivitas penghuni rumah dilakukan. Untuk itu kenyamanan sangat diutamakan di ruang keluarga. Sebagai tempat berkumpulnya seluruh penghuni rumah pemilihan lampu yang tepat sangatlah penting. Dengan memilih lampu yang tepat akan membuat seluruh penghuni rumah menjadi lebih nyaman untuk melakukan aktivitas di ruang keluarga. Karenanya, selain menerapkan general lighting untuk mengakomodasi aktivitas, Anda dapat menggunakan indirect lighting. Tersembunyi di antara dinding dan plafon, cahaya yang dihasilkan lampu cenderung merata dan menimbulkan efek dramatis.

Bukan hanya soal pemilihan lampu. Anda juga dapat menghadirkan kesan ceria dan hangat di ruang keluaga dengan pemanfaatan bantal bermotif cerah berikut.

bantal unik

Bantal Sofa Geometric Vintage Cushion

bantal flamingo

Bantal Sofa Flaminggo Pink

bantal motif

Bantal Sofa Xmas 4 Nathkies

4. Ruang Makan

ruang makan cantik

source : pinterest

Selain ruang keluarga, ruang makan juga merupakan area berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Kehangatan bersama keluarga saat waktu makan bersama akan semakin bertambah jika Anda dapat memilih lampu yang tepat di ruang makan. Peningkatan fokus ke meja dan kursi makan dapat disiasati dengan penggunaan lampu gantung dengan kap. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan general lighting sebagai cahaya utama untuk menerangi seluruh ruangan. Momen makan bersama keluarga pun akan menjadi lebih bermakna dengan pencahayaan yang tepat.

Berikut adalah beberapa inspirasi lampu gantung yang dapat Anda pilih.

lampu unik

Lampu Gantung PLH 12

lampu klasik

Lampu Gantung PLH 10

lampu cantik

Lampu Gantung Hanging Cage Lamp

5. Ruang Tidur

kamar tidur unik

soure : pinterest

Sebagai area pribadi, kamar adalah penggambaran pribadi dari pemiliknya. Kenyamanan adalah keharusan karena disinilah tempat Anda beristirahat setelah beraktivitas seharian. Pemilihan lampu yang tepat sangat dianjurkan karena akan membuat Anda semakin menikmati momen istirahat Anda. Lantaran membutuhkan nuansa rileks, penggunaan lampu berwarna kuning dapat dikatakan sangat tepat sebab mampu menghasilkan efek menenangkan. Nah, Anda dapat menggunakan lampu baca untuk mengakomodasi kegiatan lainnya, seperti membaca atau bekerja.

Anda dapat menambahkan beberapa aromaterapi berikut untuk menciptakan kesan yang lebih rileks di ruang tidur.

aromaterapi floral

Minyak Aromaterapi Palmarosa Essential Oil

aromaterapi berry

Minyak Aromaterapi Juniper Berry Oil

jual aromaterapi

Minyak Aromaterapi Cedarwood Essential Oil

6. Kamar Mandi

kamar mandi unik

source : pinterest

Area kamar mandi harus ditata senyaman mungkin dengan menempatkan perabotan yang tepat. Selain itu, suasana yang santai tentu saja akan membuat Anda semakin nyaman menggunakan kamar mandi. Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna, kamar mandi perlu menggunakan konsep pencahayaan merata. Ini sebabnya, lampu harus diletakkan di bagian yang mampu menjangkau seluruh area di kamar mandi. Adapun penempatan lampu di sisi cermin bisa dijadikan pilihan, lantaran mampu menghasilkan penerangan yang baik, sekaligus elemen dekoratif.

Nah, untuk memberikan kesan santai dan tenang, Anda juga bisa menambahkan kinetic lighting–bisa berupa lilin-lilin hias–di beberapa tempat.

tempat lilin cantik

Lentera Lantern Hede

tempat lilin kaca

Lilin Hias Tealight Holder Asle

tempat lilin dekorasi

Lilin Dekorasi Ruangan Tealight Holder Emmelie

7. Dapur

ide lampu dapur

source : pinterest

Dapur seringkali digambarkan seberti sebuah laboratorium kecil di dalam rumah. Karena di dapur Anda dapat berkreasi dalam membuat hidangan yang lezat untuk penghuni rumah. Kegiatan memasak Anda akan lebih menyenangkan jika Anda dapat memilih lampu yang tepat untuk membantu menerangi kegiatan Anda. Maka dari itu gunakan lampu terang namun tidak menyilaukan, untuk mengakomodasi aktivitas tinggi di dapur. Nah, untuk mempercantik ruang, disarankan pula memasang lampu di bagian bawah lemari gantung atau lemari penyimpanan, ya.

Anda juga dapat menambahkan produk-produk ini di dapur agar dapur Anda semakin menarik

tempat teh unik

Da Caffe Nero

toples unik

Topes Ka Pretty Retro Large

Tips Memilih Lampu Berdasarkan Warna dan Fungsi

Setidaknya, ada tiga jenis sinar lampu yang umum digunakan, yakni:

  1. Kuning — Dapat digunakan pada pintu masuk, kamar mandi, dan ruang tamu. Adapun sinar kuning merangsang manusia untuk beraktivitas. Jadi, semakin kuat warna kuning pada sinar lampu, semakin atraktiflah Anda.
  2. Putih — Cocok diaplikasikan pada ruang keluarga, kamar mandi, atau kamar tidur. Sedikit catatan, lantaran memberikan efek silau, Anda dapat menguranginya dengan menggunakan lampu berwarna putih susu/bertekstur pada ruang tidur.
  3. Putih kebiruan — Lantaran cepat membuat orang rileks dan mengantuk, penggunaannya dinilai sesuai pada ruang keluarga dan ruang tidur.

Itulah tujuh rekomendasi pilihan lampu, tak terkecuali lampu LED untuk ruang. Semoga bermanfaat!

TAGS >