BLOG

inspirasi ruang kerja

Ruang Kerja Produktif di Rumah Sendiri? Mengapa Tidak!

Kantoran atau lepasan (freelance), rasanya produktivitas adalah hal penting. Apalagi, dalam fungsinya mendongkrak penghasilan. Sayang, jumlah jumlah pekerjaan yang membludak kerap kali memaksa Anda untuk membawa pulang pekerjaan. Di sisi lain, tidak sedikit pula orang yang mulai menjalankan bisnis dari rumah.

Faktanya, pekerjaan yang dilakukan tanpa jeda berisiko membuat Anda jenuh. Dampaknya, terlihat pada penurunan semangat dan produktivitas. Ada beragam faktor, mulai dari mood yang buruk, pekerjaan yang terlampau banyak dan sulit, hingga kondisi ruang kerja yang tidak mumpuni. Tidak dapat diingkari, meja yang berantakan, penerangan buruk, bahkan suara berisik dari penghuni rumah bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan Anda bekerja di rumah.

Tentunya Anda tidak perlu khawatir. Dengan sedikit usaha, Anda tetap bisa lho menyulap ruangan di rumah menjadi ruang kerja produktif. Misalnya, dengan penataan ulang lemari gantung, penambahan lampu LED, dsb. Tidak percaya?

1.Pemilihan Warna

ruang kerja shabbychic

Source: Pinterest

Banyak studi mengungkap, warna mampu memengaruhi suasana hati penghuninya. Nah, dengan alasan tersebut, maka penggunaan warna pada dinding, pintu, serta furniture ruang kerja haruslah diperhitungkan dengan matang.

Adapun Angela Wright, seorang psikolog warna menjelaskan, pemilihan warna cerah pada ruang kerja ditengarai mampu merangsang produktivitas. Namun, jika Anda menginginkan suasana yang lebih tenang, ada baiknya memilih warna-warna kalem, seperti hijau atau biru pastel.

Meski ingin menampilkan kesan serius, Anda tetap boleh kok bermain-main dengan beberapa furniture berwarna cerah berikut.

meja belajar anak

Meja Daniell Console Table Blue

perlengkapan tulis

Rumapena

jual bean bag

Bean Bag Chevron Canvas

2.Penerangan yang Cukup

meja kerja

Source: Pinterest

Jangan pernah bekerja dalam keadaan gelap. Di siang hari, biarkan cahaya alami masuk ke ruangan kerja Anda secara maksimal. Setidaknya, banyak studi membuktikan, terpapar cahaya Matahari langsung saat bekerja berdampak pada peningkatan energi, kreativitas, dan produktivitas.

Adapun ketika malam, biarkan cahaya datang bukan hanya dari satu lampu saja. Bahkan jika memungkinkan, Anda dapat memasang lampu LED. Bagaimana pun, bekerja di ruang gelap akan memengaruhi proses penglihatan dan membuat mata cepat lelah. Secara lebih lanjut, mata yang lelah akan berdampak pada penurunan kondisi fisik, bahkan produktivitas.

Satu catatan, jangan biarkan cahaya masuk terlalu banyak dan terang. Sekalipun itu adalah cahaya alami, ruangan yang terlalu terang tentu tidaklah baik bagi Anda.

Pemanfaatan lampu memang perlu, namun agar lebih rileks, Anda dapat mencoba beberapa lilin hias di bawah ini

tempat lilin hias

Lilin Hias Tealight Holder Asle

jual lilin hias

Lilin Hias Candle Stare

jual lilin hias

The Jacks Rabbit And Ear Candle

3.Sirkulasi Udara

dekorasi ruang kerja

Source: Pinterest

Bukan hanya menurunkan fokus, sirkulasi udara yang buruk juga dapat membuat orang mudah mengantuk dan cepat bosan. Karenanya, sebisa mungkin, biarkan tubuh Anda menghirup udara segar.

Untuk menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik, Anda dapat menambahkan atap kaca atau jendela/lubang tambahan. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda bisa mengubah posisi meja kerja agar sedekat mungkin dengan jendela.

Tidak ada salahnya pula menambahkan tanaman hias dalam ruang kerja. Fungsinya bukan hanya untuk memberikan penyegaran, melainkan alat detoksifikasi dari jamur/bakteri yang ada di udara.

jual tanaman hias

Geometric Terrrarium Ball Eyed

jual tanaman hias

Medium Mame Moss Set

jual tanaman gantung

Small Japanese Mossball

4.Furniture yang Menunjang

ruang kerja minimalis

Source: Pinterest

Temanya memang bekerja di rumah. Namun, agar produktivitas semakin melonjak, tidak ada salahnya merancang ruang kerja agar mirip kantor sungguhan.

Untuk mewujudkan ruang kerja yang ideal, Anda dapat memilih beberapa furniture penujang. Ini meliputi rak buku yang ditempatkan di belakang Anda, meja kerja dengan beberapa laci, white board atau papan to-do-list, serta storage lain, seperti kotak pensil dan box aksesori. Tidak apa jika itu hanyalah furniture murah yang Anda dapatkan di toko barang bekas. Toh, yang penting fungsinya, bukan?

Pastikan furniture yang Anda pilih benar-benar sesuai dan tahan lama. Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

jual boks penyimpanan

PANTONE Storage Box

jual rak buku unik

Alphabet Shelves

jual meja belajar

Glenmore Console

5.Ruang Kerja Alternatif

inspirasi ruang tamu

Source: Pinterest

Wajar bila ada kalanya, Anda merasa jenuh saat harus bekerja tanpa henti. Bagaimanapun, Anda tetap membutuhkan penyegaran untuk menjaga diri dari risiko sakit atau justru stres.

Nah, ada baiknya Anda menyediakan satu ruang alternatif untuk penyegaran. Tempatnya bisa di pojok/sudut ruang–atau justru di tengah-tengah ruang. Ini bisa berupa sofa santai dengan bantal sofa, satu set mini home theatre, radio, booth, kursi, dsb.

Jangan lupa pula untuk melengkapi ruang kerja dengan dekorasi semisal lukisan, pajangan unik, dan seterusnya.

jual lukisan dinding

Lukisan HRI-SR-11

jual hiasan meja

Hiasan Meja Arbre

jual lukisan dinding

ENVIE Couple In Rain Lukisan Kanvas

Itulah lima tips singkat dekorasi ruang kerja, mulai dari penataan hingga pemilihan furniture murah untuk mendongkrak produktivitas. Selamat mencoba!

TAGS >