BLOG

florida-exterior-house-color-ideas

Menyambut Tahun 2017 dengan Design Interior Terakota: Simak Kiat-Kiatnya!

Sejumlah desainer interior sudah memprediksikan design interior yang akan menjadi tren pada tahun 2017. Salah satunya adalah material terakota. Dikenal sebagai material yang biasa melapisi dasar kamar mandi, terakota ternyata juga cocok untuk diterapkan ke kamar tidur sampai ruang tamu.

Terakota sendiri bisa merujuk pada dua hal. Pertama, bahan tembikar yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Warnanya merah kecokelat-kecokelatan. Material itu biasanya digunakan untuk memproduksi benda hiasan atau ubin yang melapisi lantai.

Kedua, hanya merujuk pada nama warna material tersebut. Benda apa pun bisa saja memiliki warna terakota.

Interior terakota sering kali dianggap kuno. Padahal, rumah-rumah di wilayah Mediteranian justru memiliki kekhasan desain yang terletak pada ubin terakota. Asalkan penataannya tepat, terakota memberikan kesan hangat dan natural pada suatu ruangan.

Menjelang tahun 2017, apakah Anda berniat merenovasi atau membangun rumah? Jika iya, Anda bisa menciptakan suasana yang lebih segar dengan design interior baru. Jadikan lantai terakota sebagai elemen utama, kemudian terapkan lima prinsip utama dalam mendekorasi ruangan sebagai berikut:

1. Tentukan Gaya Interior

Ubin terakota sering ditemui di rumah-rumah yang bergaya Spanyol, Meksiko, dan Southwestern (California, Nevada, Arizona). Cara mereka mendekorasi ruangan dengan terakota terlihat sangat eksotik. Anda bisa mengambil inspirasi dari sana. Tentukan satu konsep interior, kemudian pelajari baik-baik. Konsep yang Anda pilih menentukan ornamen dan furnitur yang akan melengkapi ruangan.

Lampu dinding juga dapat mempercantik rumah dengan konsep terakota loh

lampu dinding minimalis

Lampu Dinding PLW 11

lampu dinding murah

LW 03 Wall Mounted Lamp

lampu dinding motif

Lampu Dinding / Wall Lamp White Glass 3

2. Sesuaikan Warna

Pilihlah warna-warna dekorasi yang mampu membaur dengan terakota. Contohnya, catlah dinding dengan warna kuning hangat, serta pasanglah daun pintu dan jendela berwarna hijau zaitun. Ketika ruangan sudah dibanjiri dengan dua warna itu, netralkan dengan sentuhan warna krem pada molding, kipas langit-langit, dan kap lampu.

Sebenarnya, Anda bisa mengambil warna dasar yang senada atau yang berlawanan sama sekali. Misalnya, memilih cat dinding yang berwarna oranye kemerahan sehingga tampak senada dengan ubin terakota. Warna-warna kontras yang cocok antara lain kuning hangat, biru, hijau, biru keabu-abuan, dan hijau keabu-abuan.

Lapisi lantai Anda dengan koleksi karpet berikut ini

karpet unik

Karpet Black Link

karpet murah

Karpet Soft Stragulum

karpet minimalis

Karpet Yellow Up

3. Memilih Furnitur

Terakota disebut juga sebagai warna bumi karena tampilannya yang mengingatkan Anda pada elemen tanah. Anda memerlukan funitur yang bisa menguatkan elemen itu, tidak lain adalah mebel yang terbuat dari kayu.

Tentunya, tidak semua furnitur di ruangan harus terbuat dari kayu. Anda membutuhkan jenis lainnya, sofa misalnya. Pilihlah warna furnitur yang terang untuk menyeimbangkan warna ubin yang kuat dan mendominasi seisi ruangan. Misalnya, sofa berwarna putih atau hijau.

Tidak perlu langsung keluar rumah dan menuju toko mebel. Anda bisa duduk manis di rumah sambil berbelanja furnitur secara online di Livaza. Sebagai online marketplace produk interior terbesar di Indonesia, Livaza mengusung harga dan kualitas terbaik seperti produk-produk berikut ini.

sofa unik

Sofa Rino 2 Seater A

jual loveseat

Sofa Jane Loveseat – Brown Beige

sofa tosca

Sofa Cowny 3 Seater Sofa

4. Memilih Ornamen Dekorasi

Anda membutuhkan ornamen hiasan untuk mempercantik ruangan. Berkaca dari gaya interior Yunani, Spanyol, Italia, dan Maroko, Anda bisa memasang mosaik-mosaik berwarna biru dan putih di sekeliling dinding atau langit-langit. Pasanglah pegangan tangga dan balkon yang mengadaptasi gaya arsitektur rumah-rumah di Italia atau yang menghadap laut Mediterania. Jika Anda memilih gaya Southwestern, Anda perlu memajang aneka kerajinan khas Amerika bagian sana, seperti mangkuk-mangkuk yang terbuat dari tembikar. Lengkapi pula dengan foto berbingkai atau lukisan-lukisan yang menggambarkan gurun, bukit-bukit, dan lembah.

Percantik dinding rumah Anda dengan hiasan dinding berikut ini

hiasan unik

Hiasan Dinding Camel (Dengan Bingkai)

hiasan dinding minimalis

Hiasan Dinding When Red Moon Appear

piring unik

L’Art D’Orange

Jadi, apakah Anda sudah siap menyambut tahun 2017 dengan design interior baru? Lupakan sejenak sentuhan-sentuhan minimalis dan beranikan diri dalam mengeksplorasi terakota. Nuansa baru akan menyegarkan hari-hari Anda dan keluarga.