BLOG

GTG_thanksgiving-dinner_lg

Hari Thanksgiving, Momen Hangat yang Wajib Dirayakan Bersama Keluarga di Rumah

Hari Thanksgiving atau Thanksgiving Day memang sangat asing di telinga kita. Ya, di negara kita memang tidak pernah dirayakan hari Thanksgiving. Jangankan dirayakan, disebut-sebut saja tidak. Bisa dibilang, Thanksgiving ini memang bukan tradisi kita sebagai warga negara Indonesia. Meskipun begitu, banyak hal menarik yang dapat kita temukan dari Hari Thanksgiving, lho.

Hari Thanksgiving kini telah menjadi Hari Libur Nasional warga Amerika Serikat dan Kanada. Awalnya, tradisi ini dilakukan sebagai wujud rasa terima kasih kepada Tuhan di akhir musim panen. Para petani Amerika zaman dulu melakukan kumpul bersama keluarga di rumah, menikmati santapan bersama sebagai ungkapan terima kasih mereka kepada Tuhan. Sampai saat ini, Hari Thanksgiving tetap dirayakan setiap hari Kamis di minggu ke-4 bulan November di Amerika Serikat, untuk menyambut datangnya musim dingin sekaligus menyambut natal.

Biasanya, warga akan merayakan Hari Thanksgiving bersama-sama di rumah dengan menyantap hidangan khas, yaitu kalkun panggang. Kalkun adalah salah satu makanan yang jarang sekali dijumpai di Indonesia dan harganya mahal, sedangkan di Amerika, makanan ini merupakan hidangan wajib yang harus ada di meja makan sebagai jamuan Thanksgiving.

Ketika acara makan-makan berlangsung, biasanya mereka akan membicarakan hal-hal baik apa saja yang telah mereka lakukan dalam setahun tersebut. Momen tersebut mampu membuat suasana bersama keluarga semakin hangat dan mempererat rasa persaudaraan.

thanksgiving_dinner_1280x1024

Selain itu, hal unik lainnya yang ditemukan di Hari Thanksgiving adalah perayaan Jumat Hitam atau Black Friday pada satu hari setelah Hari Thanksgiving. Kok unik? Ada apa memang di hari itu, ya?

Black Friday terjadi sebagai tanda dimulainya musim belanja natal. Toko-toko menjual barang dengan sistem obral atau cuci gudang agar pembeli mau datang. Ketika itu, neraca pembukuan mereka berubah dari warna merah (merugi) menjadi hitam (untung).

Toko-toko besar yang ada di sana akan penuh dengan orang-orang yang mengantre untuk membeli barang semenjak hari Kamis sore. Jadi, pada saat menjelang pukul 00.00 hari Jumat, di depan toko tersebut, orang yang mengantre dan hendak berbelanja akan membludak. Apalagi yang biasa terjadi di Mall. Mall di sana biasanya membuka Midnight Sale dan ketika itu kumpulan manusia yang membludak bisa mencapai ribuan orang. Wow…

Black-Friday-Crowd

Begitulah yang biasa terjadi pada Hari Thanksgiving di Amerika. Pada masa itu warga Amerika akan merasakan libur panjang yang sangat menyenangkan. Tapi tahukah Anda? Masa Thanksgiving ini punya kesamaan dengan hari lebaran di negara kita, lho. Pada hari lebaran, kita juga akan merayakannya bersama keluarga. Beramai-ramai mudik di jalanan juga sama seperti Thanksgiving juga, lho. Mungkin, yang berbeda hanya santapannya. Kalau Thanksgiving identik dengan Kalkun panggang, kita selalu menyantap opor ayam ketika lebaran. Mungkin bisa jadi ide bagus juga tuh, kalau lebaran kita menghidangkan opor kalkun, ya kan?

Baiklah, itu tadi sekilas info dari Livaza.com tentang Hari Thanksgiving! Cukup menarik, bukan? Anyway, kita bisa lho, merayakan kecil-kecilan Hari Thanksgiving dengan keluarga di rumah. Yakin deh, suasana rumah Anda akan terasa lebih hangat dan seru. Apalagi, kalau Anda menikmati quality time bersama keluarga dengan produk furnitur khusus dari Livaza.com! Wah, keseruannya akan terasa berkali-kali lipat! Well, Glad Tidings for the Holidays. Happy thanksgiving!