BLOG

awasome-minimalist-living-room

Fashion Minimalis Sampai Furniture Minimalis; Gaya Hidup dan Panduan Memilihnya

“Style your home…style yourself…” Begitulah sepenggal kutipan dari Gretchen Aubuchon, Editor Fashion+Decor. Kalimat tersebut meluncur karena berawal dari menyoroti cara pandang orang-orang terhadap fashion dan furnitur sebagai dua dunia yang berbeda. Padahal desain fashion maupun furnitur saling memengaruhi, tidak terkecuali fashion minimalis dan furniture minimalis.

Sebelum membicarakan lebih jauh tentang fashion dan furniture minimalis, ada baiknya mengulas sedikit tentang contoh-contoh lainnya. Misalnya, ketika New York sedang dilanda demam motif macan tutul. Motif tersebut dapat ditemukan di tas, sepatu, dan pakaian. Pada saat yang sama, tengah menjamur pula furnitur bermotif macan tutul, mulai dari kursi, karpet, sampai bantal sofa.

Anda juga bisa menelusuri bagaimana peragaan-peragaan busana bertaraf internasional memengaruhi desain dari produk-produk furnitur terbaru. Beberapa tahun yang lalu, warna kuning dan emas sempat menjadi tren dan sering terlihat di beberapa peragaan busana. Menyusul satu tahun kemudian, beberapa produsen furnitur meluncurkan produk-produk yang didominasi warna serupa. Contoh terakhir, ada pula motif-motif bantal dan kursi yang sama persis dengan motif busana yang diperagakan model.

Adapun fashion dan furniture minimalis bukan tentang siapa yang lebih dulu meluncurkan desain khas, tetapi kesamaan dari keduanya. Kunci dari fashion minimalis adalah less is more. Pakaian berpotongan sederhana dengan warna-warna netral menjadi ciri khasnya, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Namun, sentuhan warna putih gading, khaki, dan coklat juga menambah kesan minimalis.

Tidak ada detail macam-macam yang membuat pakaian tampak mencolok. Adanya hanya kesan simpel, elegan, dan eksklusif. Sama halnya dengan interior dan furnitur minimalis. Hanya sekilas saja melihat interior minimalis, Anda akan langsung menangkap kesan modern dari penataan furnitur berwarna hitam, putih, abu-abu, atau warna netral lainnya.

furniture minimalis

source: pinterest

Terdapat enam prinsip ‘less is more’ yang harus diperhatikan ketika mendesain ruangan minimalis:

  1. Pilihlah material yang bagus dan berkualitas tinggi. Furnitur bermaterial bagus akan tampak memukau dengan sendirinya dan tidak perlu diberi tambahan hiasan apa pun, sehingga tidak terkesan berlebihan.
  2. Letakkan satu benda yang aksennya paling menonjol dalam ruangan.
  3. Pilihlah furnitur yang berdesain simpel
  4. Letakkan furnitur secukupnya agar ruangan terlihat lapang.
  5. Jika diperlukan, berikan pembatas di sudut ruangan.
  6. Berikan sedikit sentuhan benda-benda kecil atau motif tertentu untuk meningkatkan estetika interior.

Jadi, apakah Anda pecinta fashion minimalis dan mengenakannya dalam kehidupan sehari-hari? Karakter Anda dapat tercermin dari selera fashion tersebut. Anda mungkin seorang wanita urban yang mandiri, dinamis, menyenangi segala sesuatu yang praktis, serta memiliki pola pikir modern.

sofa unik

source: pinterest

Bukan hal mengherankan ketika si pecinta fashion minimalis juga teramat menyukai desain interior minimalis. Pasalnya, secara tidak sadar, desain tersebut juga mencerminkan karakternya

Lalu, bagaimana caranya ‘mendandani’ rumah sebagaimana ‘mendandani’ diri sendiri? Lebih jelasnya, memindahkan gaya minimalis pada pakaian ke interior rumah Anda? Tentunya, memilih furnitur tidak sama halnya dengan mencomot pakaian bergaya minimalis dari lemari. Begini tipsnya memilih furnitur untuk ruangan minimalis:

  1. Pilihlah furnitur yang desainnya sesuai dengan konsep minimalis
  2. Cocokkan furnitur dengan kondisi ruangan. Misalnya, Anda sudah mengaplikasikan material kayu di dinding. Nah, Anda perlu mengurangi rangkaian furnitur yang terbuat dari keramik.
  3. Perhatikan ukuran furnitur. Jangan memilih furnitur yang terlalu besar sehingga membuat ruangan minimalis terasa sempit.
  4. Sesuaikan kombinasi warna furnitur dengan dekorasi interior.
  5. Perhatikan nilai manfaatnya. Belilah furnitur yang memang dibutuhkan di ruangan tersebut. Misalnya, sofa untuk ruang tamu.
  6. Utamakan kualitas produk. Jadi, siapkan anggaran yang memadai untuk membeli furnitur berkualitas. Adapun furnitur-furnitur minimalis sekelas premium bisa Anda dapatkan di Livaza.

Fashion minimalis dan furniture minimalis telah menjadi gaya hidup yang tidak terpisahkan dari kehidupan perkotaan. Yuk cek furniture minimalis berikut ini yang bisa jadi diletakkan di sudut rumah Anda

sofa minimalis

Sofa Biscuit

meja unik

Meja Tamu Smith

rak pakaian unik

Rak Pakaian IKEA ALGOT