BLOG

jual lampu gantung

Terobosan Amygdala Di Bambu Pada Furnitur

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja. Hal ini dirasakan oleh Harry Mawardi selaku owner dari brand Amygdala Bamboo. Mengusung bambu sebagai bahan tunggal untuk produksi furnitur nya sejak 2013, Amygdala mampu menyabet berbagai penghargaan nasional maupun internasional mulai dari Best of The Best Bravacasa Design Challenge 2014, Merit Prize of Inacraft Awad 2015 kategori keramik, Shortlisted di World Design Impact Prize yang berakhir dengan mendapatkan intern dari Paris, hingga Best of The Best Wirausaha Mandiri 2016.

Sepak terjang Harry di dunia furnitur bermula ketika Harry menjadi Asisten Dosen di masa kuliah dan sering melakukan penelitian ke daerah pengrajin di pulau Jawa. Penelitian di awali dengan meneliti rotan di Cirebon namun karena ingin mencari peluang lain yang masih sepi pemain maka Harry pun kemudian meneliti bambu dan mendapatkan relasi pengrajin di Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi, Garut pada tahun 2013. Selaawi sendiri memiliki arti celah-celah bambu.

Pengenalan Amygdala ke publik dimulai pada awal tahun 2014 ketika mengikuti Indonesia International Furniture Expo (IFEX) dan ternyata Amygdala mendapatkan respon yang cukup baik ditandai dengan adanya orderan sebanyak 12 set (sekitar 30 produk) dari toko furnitur terkemuka di Indonesia. Berbagai input pun masuk untuk bagaimana menjalankan bisnis bambu ini supaya lebih berkembang lagi.

Akhirnya setelah cukup lama fokus di project dan pameran, Amygdala pun memutuskan untuk mulai fokus juga di online karena cukup banyak customer yang mencari produk furnitur di social media. Kemudian pada tahun 2015 Amygdala tidak hanya melebarkan sayap ke online shop saja tapi juga ke offline shop pertamanya yang berlokasi di Kemang. Hingga saat ini Amygdala sudah memamerkan produk nya di showroom yang berlokasi di Kemang, Bali, dan akan menyusul 2 showroom lagi yang berlokasi di Bandung. Harry mengakui bahwa pada zaman sekarang sistem O2O (Online to Offline) memang di perlukan.

Keunggulan Brand Amygdala sendiri bila dibandingkan dengan brand lain adalah dalam material yang digunakan. Amygdala menggunakan bambu sebagai material tunggal dalam proses produksi nya. Harry juga menambahkan bahwa material alam merupakan material yang susah untuk di bikin perfect karena pasti akan terdapat imperfectness sehingga dirinya ingin mengedepankan imperfectness dari handmade itu sendiri yang sebenarnya perfect. Sedangkan ciri khas Amygdala adalah Amygdala mencoba untuk mempertahankan kehandmadean bambu itu sendiri, dapat dilihat dari jenis furnitur yang sudah di produksi seperti sangkar burung yang menggunakan teknik coiling dan latis. Untuk mendukung kelancaran produksi, Amygdala sudah memiliki 7 hingga 8 orang yang fokus untuk membantu namun jika terdapat orderan massive maka pekerja yang membantu bisa mecapai 20-30 orang.

Oleh karena itu sebagai bentuk apresiasi Livaza kepada Amygdala, maka Livaza memutuskan untuk menggandeng Amygdala sebagai salah satu merchant di Livaza dengan jenis furnitur yang beragam seperti desain produk yang di bawah ini:

jual lampu meja

Snail Table Lamp

jual gelas minum

Quail Cup

jual lampu gantung

Hanging Cage Lamp

Brand yang sudah pernah mengirimkan produk nya sampai Italia ini juga memiliki inovasi baru untuk Hari Kemerdekaan Indonesia yaitu ingin memajukan para pengrajin di daerah Jawa. Harry mengakui bahwa para pengrajin di pulau Jawa memiliki potensi yang besar namun tidak ada yang membantu mereka dalam mengelola. Amygdala juga ingin bila di kemudian hari dapat menjadi sistem support untuk para pengrajin sehingga para pengrajin tidak harus terjajah dengan pemikiran mencari nafkah di kota dan dapat menikmati living free & living well di tempat asal mereka. Tidak hanya itu, Amygdala berharap dapat mensejahterahkan tim Amygdala & tim pengrajin dan dalam 5 tahun ke depan tidak hanya 1 desa bambu saja yang di bantu tapi beberapa desa lainnya atau bahkan desa craft lainnya sehingga nantinya Amygdala bisa menjadi brand produk bambu nomor 1 di Indonesia yang dapat bersaing di kancah internasional.