BLOG

5 Wajah Kartini Desainer Indonesia Mumpuni

5 Wajah Kartini Desainer Interior Indonesia

Profesi desainer interior merupakan salah satu profesi yang sekarang ini dikenal luas oleh masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia. Para desainer interior bertanggung jawab tidak hanya dalam menggambar furniture saja, tetapi juga atas keseluruhan proses desain interior yang terdiri dari perencanaan, penataan, dan perancangan ruang-ruang interior. Karenanya, profesi ini tidak hanya menuntut seni dan kreativitas yang tinggi tetapi juga memerlukan fokus pada detail. Perlu diketahui, profesi ini tidak hanya didominasi oleh pria saja. Berikut beberapa wajah Kartini desainer interior Indonesia yang tidak kalah dengan para pria dalam membanggakan Indonesia.

1. Joke Roos

Wajah Kartini Desainer Wanita Indonesia

source: lifestyle24

Joke Roos adalah desainer interior Indonesia yang memulai awal karirnya sebagai konsultan mandiri pada tahun 1996 setelah sebelumnya bekerja pada Ahara Prima Design. Setelah lulus dari jurusan arsitektur Universitas Parahyangan, Joke Roos bersama Denny Gondo kemudian mendirikan Studio Air Putih yang pernah di-publish di The Phaido Atlas of 21st Century World Architecture Southeast Asia. Pada tahun 2007, project yang dikerjakannya mendapatkan penghargaan di Award of Excellence 24th International Association of Lighting Designers di New York. Penghargaan ini mendeskripsikan ciri khas desainnya sebagai desain yang menitik-beratkan pada detail yang terlihat klasik namun juga terlihat elegan di sepanjang waktu.

2. Yuni Jie

Wajah Kartini Desainer Wanita Indonesia

source: fimela

Yuni Jie yang merupakan wanita lulusan Bachelor of Fine Arts dan Master of Industrial Design di Pratt Institute New York memulai karirnya di Indonesia pada tahun 2002 dengan membuka firma interior pertamanya yang bernama Jie Design. Tidak hanya berkarya bersama para manufaktur ternama, dirinya juga menulis buku untuk para akademisi dan peminat interior. Perempuan kelahiran 1977 ini telah menampilkan karya desainnya di berbagai acara bergengsi, sebut saja International Contemporary Furniture Fair di New York, New Talent Design Annual 1999 terbitan Graphis Inc. dan Eva Zeisel on Design terbitan Overlook Press serta Space Publication Hong Kong.

3. Anita Boentarman

Wajah Kartini Desainet Wanita Indonesia

source: harper’s bazaar

Anita Boentarman yang mengambil pendidikan sarjananya di jurusan arsitek dan melanjutkan jenjang pendididikan di jurusan desain interior ini memiliki showroom Millenia di jalan Bangka, Kemang. Wanita yang memiliki hobi yoga ini banyak merancang penataan ruang interior hunian seperti apartemen, rumah, hingga ruang hunian komersil seperti hotel.

4. Ni Wayan Melati Blanca Danes

wajah kartini desainer wanita indonesia

source: melatidanes.com

Melati merupakan wanita kelahiran tahun 1977 yang memiliki dasar pendidikan jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional. Melati yang merupakan istri arsitek ternama Bali, Popo Danes, mulai terjun di bidang perancangan interior dengan mendirikan Melati Danes Interior pada tahun 2006. Pengalamannya di pekerjaan sebelumnya mengajarkan dirinya mengenal berbagai material sehingga dirinya menjadi terbiasa dan paham material yang dibutuhkan termasuk interior. Desainnya yang merupakan campuran dari elemen tradisional dan modern ini telah menghasilkan berbagai karya, sebut saja villa di Bali, Khao Yai Private Villa di Thailand dan masih banyak lagi.

5. Shirley Gouw

Wajah Kaartini Desainer Wanita Indonesia

soirce: harper’s bazaar

Shirley mengambil  pendidikannya di  Inchbald School of Design di London dan Parsons School of Design di New York. Wanita kelahiran 1979 ini mengawali karirnya di  Alexandra Design tahun 1988 di Spanyol  dan selanjutnya di beberapa konsultan interior asing seperti Habitata Furniture Shop di London, Selldorf Architecture dan Victoria Hagan. Mengusung tema elegan dan stylish, Shirley kini menjabat sebagai Head of Interior Designer, Buyer and Media Relations di Elite Grahacipta dan menghasilkan berbagai karya, salah satunya yang berkesan adalah desain showroom apartemen bertema “New York State of Mind”.

Demikian kiranya beberapa desainer interior wanita Indonesia yang namanya diakui.