BLOG

desain ruang tamu

5 Rahasia Menghadirkan Nuansa Alam di Rumah

Menghadirkan nuansa alam di dalam rumah? Mengapa tidak?

Melalui pilihan material serta penataan yang tepat, Anda tetap bisa kok menjadikan rumah tampak lebih asri. Nilai plusnya, bukan hanya kentara dari ruangan yang terasa lebih segar. Bagaimana pun, hunian yang menyatu dengan alam juga mampu mendatangkan banyak aura positif yang baik bagi penghuninya.

Adapun selain memberikan tampilan khas, tradisional, sekaligus nostalgia, pemanfaatan unsur alam mampu menciptakan kesan hangat dan nyaman antar penghuni rumah. Apalagi, cara mewujudkannya pun kelewat mudah dan sederhana. Ini dapat melalui penataan kursi makan, meja tamu, lemari baju anak, hingga sofa santai.

Tidak percaya? Yuk, simak lima tips menghadirkan nuansa alam di rumah berikut!

1.Bermain dengan Warna

rumah minimalis

Source: Pinterest

Satu hal yang pasti, Anda dapat menggunakan warna hijau yang identik dengan dedaunan atau rerumputan. Namun selain itu, Anda juga bisa menggunakan warna lain–seperti putih, biru, dan cokelat, lalu mengombinasikannya dengan warna-warna cerah.

Nah, bukan hanya memberikan tampilan segar dan natural. Cara ini pun terbukti mampu menciptakan tampilan ruang yang lebih hangat, dinamis, dan ceria.

Anda dapat mengaplikasikan teknik permainan warna dengan memilih beberapa wallframe berikut.

jual lukisan dnding

Hiasan Dinding Bright Up

jual lukisan dinding

Bingkai Dragonball Goku

jual lukisan dinding

Bingkai Homer Simpson

2.Penggunaan Material Alam

insprasi dapur modern

Source: Pinterest

Ada dua jenis material yang umum digunakan saat ingin menghadirkan nuansa alam di rumah. Material pertama, adalah kayu.

Tidak perlu jenis kayu murni yang berbahan kuat, kok. Jika budget terbatas, Anda dapat menggunakan kayu olahan yang dihadirkan lewat finishing dinding, plafon, lantai, atau furniture. Di sini, Anda tentu bebas berkreasi. Menggunakan meja tamu kayu untuk menciptakan kesan rustic atau tradisional, boleh-boleh saja…

Nah, jika kayu masih terasa mahal, Anda dapat menerapkan material kedua, yakni bebatuan alam. Gunakan bebatuan alam untuk menghias fasad (bagian luar) atau interior rumah. Bukan haya menciptakan kesan yang lebih natural, cara ini juga mampu mengubah tampilan ruang jadi lebih atraktif.

Adapun sebagai catatan, penting untuk memastikan terlebih dulu, ruangan mana yang ingin Anda aplikasikan dengan unsur alam. Entah itu ruang tamu, ruang tidur, atau justru dapur, perhitungkan pula desain dengan pemilihan warna dinding yang sesuai.

Nuansa alam di hunian Anda belumlah lengkap tanpa beberapa furniture kayu di bawah ini.

jual lampu hias

Lampu Hias Bulb Lamp

jual lemari kayu

Rainbow Entry Table

jual meja tamu

Glenmore Coffee table

3.Tanaman Hijau

ruang tamu minimalis

Source: Pinterest

Hadirkan unsur alam melalui penempatan tanaman hijau di rumah. Bentuknya bisa beragam, mulai dari tanaman hias, bunga, atau justru kaktus kecil. Jika memungkinkan, Anda juga bisa lho menciptakan taman mini di dalam maupun luar rumah. Jangan lupa pula melengkapinya dengan aksesori pendukung lain, seperti gazebo, tirai bambu, dsb.

Nah, agar semakin asri, Anda dapat menggunakan beberapa produk berikut, lho.

jual tanaman hias

Hanging Rattan

jual tanaman hias

Geometric Terrarium Bird Cage

jual tanaman hias

Medium Japanese Mossball

4.Rileks dengan Gemercik Air

nuasa alam di rumah

Source: Pinterest

Maksimalkan nuansa alam dalam rumah dengan kehadiran unsur air. Entah itu berwujud kolam ikan, kolam renang, maupun air mancur. Tidak harus diletakkan persis di dalam rumah, kok. Anda dapat menghadirkannya di taman, sisi samping rumah, atau justru dengan akuarium segar. Nah, bukan hanya memberikan tampilan alam yang lebih segar, suara dari gemercik air juga terbukti mampu menghadirkan suasana yang lebih rileks dan santai, lho.

Rileks dengan gemercik air? Mengapa tidak? Nah, agar hunian juga tampil semakin asri, jangan lupa lengkapi dengan produk aromaterapi, ya!

jual minyak aromaterapi

Minyak Aromaterapi Tea Tree

jual lilin aromaterapi

Tempat Lilin Lonely Aromatheraphy

jual lilin aromaterapi

Fruity Berry Aromatic Candle

5.Perbanyak Bukaan dan Sirkulasi Udara

desain kamar tidur

Source: Pinterest

Merasa gerah atau sumpek di dalam ruang? Bisa jadi, aliran angin dan cahaya di dalam ruang Anda buruk!

Sebagai solusinya, Anda dapat menciptakan banyak bukaan yang mengarah langsung ke taman maupun area luar. Tujuannya, bukan hanya untuk memberikan pemandangan yang luas, melainkan juga sebagai sarana keluar-masuk udara dan cahaya. Selain itu, Anda bisa membuat area courtyard untuk memberikan sirkulasi udara dan penerangan yang baik.

Jika tidak memungkinkan, Anda dapat mengaplikasikan pintu kaca atau jendela besar. Dengan begini, view dari dalam rumah bisa lebih luas dan penghuni bisa mendapatkan pemandangan dari luar dengan mudah. Adapun usahakan ventilasi udara silang–yang memungkinkan udara panas bergerak ke luar, baik secara horizontal maupun vertikal.

Banyaknya bukaan dan sirkulasi udara mampu menghadirkan kesan luas dan lapang. Agar semakin seimbang, Anda dapat melengkapinya dengan koleksi cermin Livaza.

jual cermin kamar

Miru Logi

jual cermin kamar

Cermin Circle Wall Mirror

jual cermin

Cermin Tree of Life

Itulah lima tips menghadirkan nuansa alam di dalam rumah. Memiliki tips dan rekomendasi lain? Yuk, saling berbagi di kolom komentar!

Klik di sini untuk pilihan produk bernuansa Urban Jungle dengan diskon hingga 55%. Nikmati juga FREE ongkir se-Indonesia hingga cicilan %

TAGS > ,