BLOG

interior kayu

3 Tips Merawat Furniture Kayu

Saat ini, pilihan furniture berbahan kayu lebih diminati dibandingkan dengan bahan material lainnya. Tentu saja selain memiliki daya tahan yang lama, bahan kayu juga membawa suasana unik tersendiri dibandingkan dengan bahan material lainnya. Suasana alam yang sejuk serta klasik inilah yang menjadi ciri khas dari furniture berbahan dasar kayu. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa untuk mempertahankan ciri khas yang menjadi keunggulan dari bahan kayu ini, Anda harus mengimbanginya dengan cara merawat furniture kayu yang benar. Ini dia tips bagaimana merawat furniture kayu yang akan Livaza bagikan bagi Anda yang masih bingung untuk merawat furniture kayu kesayangan Anda.

1. Suhu

temperature room

Source : google

Bahan kayu cukup sensitif terhadap suhu baik panas maupun dingin. Suhu panas yang umumnya berasal dari cahaya matahari dapat membuat minyak yang terdapat di kayu menjadi kering. Hal itu dapat menyebabkan nuansa alam yang dibawa oleh bahan kayu menjadi pudar. Selain itu, panas dapat membuat kayu menjadi melengkung serta retak atau pecah. Terkena sinar matahari yang berlebihan juga dapat membuat kayu menjadi kusam.

Tidak terkecuali untuk suhu dingin yang dapat membuat oksidasi kayu menjadi tinggi karena hawa lembab yang muncul dari suhu ruangan rendah. Hawa lembab juga dapat menyebabkan jamur, rayap, serta serangga kayu lainnya berkembang biak dan pada akhirnya merusak furniture kayu rumah Anda.

Jadi tips pertama dalam merawat furniture berbahan kayu adalah memperhatikan penempatan furniture Anda serta kondisi di sekitar furniture.

?

lemari kayu furniture

Lemari Noja Display Cabinet Walnut

rak furniture

Lemari Recycle Telephone Box

rak buku furniture

Rak Buku Minimalis

2. Cara Membersihkan

membersihkan furniture kayu

Source : google

Membersihkan debu serta kotoran yang tedapat di furniture kayu dengan menggunakan vacuum cleaner mini merupakan tips kedua dalam merawat furniture berbahan kayu. Hal ini perlu diperhatikan karena debu dan kotoran yang menempel dapat membuat kayu terlihat kusam dan lama-kelamaan menjadi lapuk. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lap berbahan lembu yang sudah diberi cairan khusus pembersih kayu agar lebih bersih dan kembali mengkilap. Hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkan adalah sela-sela ukiran atau sudut-sudut dimana debu, kotoran, ataupun jamur mudah bersarang.

Ketika kayu terkena noda atau kotoran yang lengket, usahakan Anda cepat membersihkannya dengan memnggunakan lap lembut yang telah dibasahi oleh air hangat untuk menyeka noda dan kotoran yang lengket tadi. Setelah itu gunakan lap baru yang kering dan berbahan lembut untuk menggosok kotoran yang menempel pada furniture kayu sampai noda dan kotoran benar-benar hilang.

?

dining-table furniture

Meja Makan Bengkulu

meja furniture

Lalita Table

dining-table furniture

Meja Makan Singkawang

3. Perhatian khusus untuk furniture kayu yang tidak dilapisi vernis

wood design furniture

Source : google

Tips lain untuk merawat furniture berbahan kayu khususnya furniture kayu yang tidak dilapisi vernis, usahakan untuk menghindari furniture tersebut dari air. Hal ini dikarenakan kayu yang tidak memiliki lapisan vernis dapat dengan mudah menyerap cairan yang mengenainya dan dapat mengakibatkan kayu menjadi cepat lapuk, keropos, dan rusak pada akhirnya. Oleh karena itu, sediakan lap berdaya resap tinggi untuk mencegah cairan meresap pada furniture kayu Anda.

kursi furniture

Giraffe Legs Chair

kursi furniture

Kursi Jellyfish Stool

kursi bar furniture sepeda

Kursi Bar

Itulah 3 tips bagaimana merawat furniture berbahan kayu, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.